SMA Islam PB. Soedirman 2 Bekasi

Saya sangat sering ditanya “SMA-nya dimana?”. Dan tentunya dengan mudah saya akan menjawab “SMA Soedirman 2 Bekasi, swasta”. Lalu, secara otomatis, mungkin memang refleks psikologis atas ketidaktahuan, orang-orang kembali bertanya, “Dimana tuh?”. Dan di bagian sini, saya selalu kesulitan untuk menjawab pertanyaan itu. Oleh karena itu, untuk menanggulangi kemungkinan timbulnya pertanyaan itu lagi, saya akan menggambarkan sekaligus mempromosikan sekolah spektakuler saya itu. Ini nih…

Nama sekolah saya adalah SMA Islam Internasional PB. Soedirman 2 Bekasi. Ada tiga kata yang harus diperhatikan di sini. Yang pertama adalah kata “Islam”, ini adalah basis kependidikan di sekolah ini, jadi, sekolah ini hanya menerima murid-murid yang beragama Islam. Yang kedua adalah kata “Internasional”, ini adalah visi sekolah ini, sama kaya visinya Agnes Monica: go internasional. Jadi, jangan salah mengartikan bahwa sekolah ini udah super keren dan terkenal ke penjuru dunia, belum, belum seperti itu, ke seluruh penjuru bekasi aja belum. Yang ketiga adalah “PB.”, ini adalah kepanjangan dari Panglima Besar. Mengapa hal ini harus diperhatikan? Karena banyak yang mengira bahwa PB. kepanjangannya adalah Persatuan Bulutangkis, mentang-mentang nama sekolahnya Soedirman,. Makanya orang-orang yang berpikiran seperti itu seketika akan langsung melontarkan pertanyaan lanjutan “Wah, berarti kamu jago dong maen bulutangkisnya?”. Salah, salah besar.

Sekolah ini berada di bawah naungan Yayasan Masjid PB. Soedirman. Dan sekolah yang dulu saya tempati ini adalah cabang kedua dari yayasan tersebut. Pusatnya ada di daerah Cijantung, Jakarta Timur, lalu cabang yang pertama ada di Galaxy, Bekasi Barat, dan cabang yang ketiga ada di sini, di Puri Harapan, Bekasi Utara. Dari segi keilmuan, sekolah ini sebenarnya cukup baik dengan memberikan mata pelajaran muatan lokal yang banyak dan cukup menarik, seperti Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Arab, Fiqih, dan Kajian Al Quran, walaupun memang karena kekurang-pengalamannya, pelaksanaan dari kurikulumnya masih belum maksimal. Oiya, saya lupa ngasih tau, sekolah ini tergolong sekolah yang masih baru, karena hingga saat ini, sekolah ini baru menghasilkan tiga angkatan,dan semuanya, Alhamdulillah lulus 100%.

Dan yang menarik adalah bahwa murid di sekolah ini sangat sedikit. Waktu angkatan saya, total murid satu angkatan hanya sebanyak 61 orang, dan hanya dibagi dua kelas. Angkatan yang di atas dan di bawah saya juga gak beda jauh dengan angka ini: sedikit sekali. Dan karena sedikitnya orang dan mungilnya sekolah ini, maka jika menjalani pendidikan di sini, orang-orang akan merasakan sense of family, sense of home. Mereka akan merasa bahwa ini adalah rumah mereka, dan teman-teman, guru-guru, serta karyawan yang ada di sini akan dianggap sebagai keluarga sendiri. Alhasil, timbullah sebuah kedekatan yang sangat khas antar komponen yang ada di dalam sekolah ini.

Sekolah ini sangat mewah, luar biasa mewah, alias mepet sawah, atau mepet rawah. Karena, jika dilihat kondisi geografisnya, sekolah ini berada di antara rawa yang mengapitnya di berbagai sisi. Dan para penghuni sekolah ini sangat piawai dalam memanfaatkan rawa itu, kadang-kadang mereka menggunakannya untuk permainan cross country dalam berbagai even-even. Dan rawa ini juga menimbulkan sebuah kecirian bagi sekolah ini.

Selain itu, kondisi geografis strategis tersebut juga menimbulkan sedikit masalah. Salah satunya adalah tradisi tiap tahun, yaitu, banjir. Ya, sekolah ini selalu dilanda bencana banjir setiap tahunnya. Dan mau tidak mau, ini memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi para siswa, hmhmhmhm.

Yah, biar bagaimanapun, terlepas dari segala kelebihan dan kekurangannya, sekolah ini memang sangat memberikan pengalaman bagi saya, dan bagi semua murid di dalamnya, karena, di sekolah kecil ini, di sekolah samping rawa ini, telah dirajut sebuah kekeluargaan, senyuman, tawa, dan canda yang akan selalu menghiasi setiap keceriaan bagi orang-orang yang pernah menjalaninya.

Hm, inilah dia, perkenalkan, SMA saya, teng tereng tereng, SMA Islam PB Soedierman 2 Bekasi.

64 thoughts on “SMA Islam PB. Soedirman 2 Bekasi

  1. Dan yang menarik adalah bahwa murid di sekolah ini sangat sedikit. Waktu angkatan saya, total murid satu angkatan hanya sebanyak 61 orang, dan hanya dibagi dua kelas.

    weii.. eksklusif banget cuma 61 orang..
    ga banyak pilihan dong pas SMA huahahaha :D

  2. @kak aisar: ya gitulah kak, tapi sekarang di SITH justru kebalikan, malah banyak pilihannya, hehehe..

  3. ah… sayang lapangannya dah dicor, jadi tuh sekolah dah ga kebanjiran lagi.
    dah ga berkesan lagi
    tapi emang suer. moment yang paling gw suka ama punksoed2 tuh pas ujan gede hehehe
    asiklah kalau lagi hujan. dingin, anak2 pada pake jaket, dateng telat, belajar ga efektif,
    wah pokoknya itu moment paling keren…………………..
    jadi pengen ngerasain lagi.????

  4. komenkomen dari x.1

    LDKS asik banget looh…
    kok gag ikutan sih kaa???

    jadi penen lagi…

    mohon doanya yua…
    spy jadi bess….

    AMIIEN

  5. gue adalah angkatan STM th1999
    tapi gue PB Sudirman yg ada di Cijantung Jakarta Timur
    buat temen2 lam kenal ya……….
    sumpah PB Sudirman telah mem berikan kenangan yg ber’arti bagi gue
    sekarang gue berada di instansi pemerintahan yg ada aluminya dari PB Sudirman juga tapi dia adik kelas gue.
    semangat belajar bro….. biar bisa kaya gue………

  6. Waaah, makasih nih udah ngunjungin.. Sip2x, seneng nih dikunjungin alumni dari satu atap yayasan..

    Yap, insya Allah gw akan smangat belajar, tapi biar bisa kaya “gw” sendiri..

  7. waaahh, gibran keren juDa bisa pamerin sekolah Qta yang emang paztinya bisa dibanggain…!!!
    banzaaaiiii….

  8. soediman adakah sekolah yang amat bagus,indah n penuh kekeluargan didalamnya.
    siswa,guru.kepala sekolah smpe kariyawan yang bekerja di PB soedirman 2 bekasi penuh dengan kekerabatan.
    semoga PB soedirman 2 bekasi terus bertambah maju seiring berjalannya waktu n zaman.
    agar soedirman 2 bekasi dapat menjadi sekolah yang unggul dalam semua bidang frestasi.

    amin.

    hormat kami,

    siswa/siswi angkatan 2007/2008

    MBOD XI IPS 1

  9. Pank_Soed 2. . .

    Pa kabar? ? ?

    Gw b!Mo angkatan 2005-2006, Aloemnie pertama dari Pank_sOed hanya ingin menengok saja. . .

    Good Luck 4 U all

  10. pertama kali sinta masuk sekolah ini, bener2 yang…

    ‘wah, gila sekolah apan ni’ [jelek maksudnya]
    sistemnya, gurunya, kantinnya [kecil banget]

    tapi lambat laun, sinta bener2 ngalamin dn tau banget kalo sekolah ini beda banget sama yang lain, ko lama2 sekolah ini jadi bagus banget..

    begitu keluar, sinta makin tau n sadr banget, betapa indahnya sma disana..

    terimakasih sma ku tercintah..

  11. aku bangga bgt sekolah di punksoed, sekolah yg bener2 berkualitas..

    sekolahnya bagus, guru2 ama siswa siswinya asik2 bgt, apalagi ada rawanya yg slalu jd ciri khas punksoed..

    pokoknya ga nyesel sekolah di punksoed deh..

    arum (angkatan 5)

  12. ccaaaayyyooooo k gibran…

    Mudah2an anak2 pangsoed bisa tetep kompak selalu …. termasuk ma alumni2nya jg…

    Buat yg laen,, cm mw pesen..
    jgn liat pangsud dr kecilnya, rawanya, or banjirnya yaaakzz…
    Tapi liat pangsud dr orang2 yg ada didalemnya..
    dijamin mantabz deh..
    ^,^

    Buat angkatan 4,,, kompak selaluuu…
    Moga qt lulus 100% ky angkatan2 sebelumnya…
    amien…
    Doain qt yaaakzz…
    ^,^

    niea az-zahra marrish

  13. aallllowwww…..
    pa kabarnya temen2 gw alumni angkatan pertama di punksoed 2????

    gw banyak ga dapat kabar ney,,,,

  14. geb geb..
    serius ini mah..
    ini mah serius…

    itu sapa yang motoin pas pake payung kena banjir gitu, ckckckck?
    “sutimin pergi ke pasar…”
    dung plak plak dung

    lucu….
    pengen….

    serius ini mah…
    beneran sekarang mah serius…

    SMA itu memang masa2 indah kawan….
    hohohohoho :)
    ga peduli lah dimana atau gimana sekulahnya
    tapi liat orang2 di dalemnya dan apa yang bisa kita dapet setelahnya (gwa dapet apa yah dari sekulah gwa :P ) banyak lah!
    pokonyeh…

    LOVE SENIOR HIGH SCHOOL

  15. waaa….

    sma…

    geb sekolah cem ini yang dibilang kecil???

    ckckck apalagi klo liat sma 5..

    udah kecil kaga ada lapangannya, yah kaya kost2an lah…

    sekolah kamu bagus kali…

    waaa…jadi inget sma rin nan…
    di alun2..klo bosen tinggal ke ramayana…boong denk…tapi sekolah kita keren karena ada kitanya,,,
    banyak kisahnya lagi…

    lagian belum pernah nyobain sekolah di 2 tempat kan geb???mantabz…

    sekolah kita luas deng dari gatsu ampe pacinan…
    dan lapangan armed menjadi lapangan pribadi…ngarep!!!!

    sma asli masa yang paling indah lah!!!

  16. Asslmkm, akh kaifa haluk nich ????tetep semangat menimba ilmu ya di SITH, kapan2 sharring yuk ma anak Fak. Biologi UNSOED…….hahahahahaha

  17. iiwwaaauu ..
    Dr dLu mpe ckrg,,TnyaTa punKzoed banJir muLu ia ??
    Tp banJir” gTu TeTep puNkzoed yg Ter-asoooiii ..

  18. saya berminat mau masuk sana,tolong beri tahu kapan pandaftarannya dibuka.
    thank’s.

  19. Wah, saya kurang tau kapan pendaftarannya, belum dapet info lebih lanjut. Coba cari brosurnya aja di gedung sekolahnya, kemungkinan sih pendaftaran sudah dibuka dari sekarang..

  20. Wah, saya kurang tau kapan pendaftarannya, belum dapet info lebih lanjut. Coba cari brosurnya aja di gedung sekolahnya, kemungkinan sih pendaftaran sudah dibuka dari sekarang..

  21. semoga tahun ini adalah tahun yang membawa berkah buat anak-anak smai soedirman 2 bekasi
    ya robb luluskanlah un tahun ini .ya rabb satukanlah keluarga besar rohiss …Allah huakbar

  22. keren banget tulisan lw tentang punksoed..
    gw salut ma lw., udah kuliah di tempat keren kyk gtu masih inget sama punksoed…

    GO punksoeed go punksoeed go go go

  23. udah ada banyak hal yang berubah di punksud.
    semoga itu akan membuat’n jadi lebih baik.

  24. “sekolah kita luas deng dari gatsu ampe pacinan…
    dan lapangan armed menjadi lapangan pribadi…ngarep!!!!”

    bener nad

    ga ada sekolah laen yang punya 2 sekolah plus harus pake angkot buat ikut pelajaran komputer…

    inget nad???

  25. pangsoed itu bneran deh top abis . tapi sekarang udah banyak yang berubah..oh iya buat angkatan 5 lulus semau yaa , cayo pasti bisaa !

  26. walaupun gw dah jarang nengokin sekolah tercinta gw ini…tp gw tetep inget semua kenangan2 masa SMA duLU….huuuft..kangen…..

  27. saya pernah mengunjungi sekolah ini waktu pertama kali di launching, ketika itu dibawa oleh guru-guru yang dimutasi kesana. saya alumni soedirman galaksi angkatan 4. termasuk juga pengurus rohisnya, guru-guru di soedirman 2 mungkin kenal saya insya Allah..tp yg founding father yaa kayak polo a.k.a kurnia dan om ponijan yg pernah jadi murabbi saya. atau juga pak kusnaedi yg sekarang menjabat kepsek di galaksi.. semangat kawan! sekolah ini punya ciri khas kok

  28. Promosi Universitas Al Azhar Indonesia

    Fakultas Teknik Universitas Al Azhar Indonesia (FT-UAI) berdiri sejak tahun 2000 melalui SK Dikti nomor 135/D/0/2000, tertanggal 10 Agustus 2000.

    Fakultas ini memiliki visi untuk menjadi institusi pendidikan teknik terbaik di Indonesia dalam membentuk sumber daya manusia berbasis pengetahuan serta berkepribadian yang memiliki nilai-nilai intelektual, spiritual, moral dan etika.

    Salah satu keunggulan Fakultas Teknik Universitas Al Azhar Indonesia adalah program twinning antara Universitas Al Azhar Indonesia dan Institut Teknologi Bandung yang merupakan program twinning pertama antar universitas di Indonesia. Sampai tahun 2006 beberapa mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Al Azhar sudah melanjutkan studinya ke Institut Teknologi Bandung, bahkan diantaranya ada yang telah lulus.

    Masing-masing program studi kesemuanya terakreditasi, memiliki berbagai kelebihan secara akademik. Diantaranya adalah staf pengajar berkualifikasi minimal S2, lulusan dari perguruan tinggi terkemuka dalam dan luar negeri, serta didukung fasilitas laboratorium yang lengkap.
    Program Studi Fakultas Teknik UAI
    Teknik Elektro

    Program pendidikan S1 dengan spesialisasi:

    * Telekomunikasi Optik & Nir Kabel
    * Sistem Mekatronik & Kendali

    Teknik Industri

    Program pendidikan S1 dengan spesialisasi:

    * Sistem Manufaktur
    * Manajemen Industri

    Teknik Informatika

    Program pendidikan S1 dengan spesialisasi:

    * Sistem Informasi / Teknologi Informasi
    * Ilmu Komputer
    * Database & Software Engineering

    Fasilitas Laboratorium

    * Laboratorium Elektornika Dasar
    * Laboratorium Teknik Telekomunikasi Telekomunikasi & Mikroprosessor
    * Laboratorium Teknik Kendali & Komputer
    * Laboratorium Informatika Dasar
    * Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak
    * Laboratorium Database (Oracle Academy)
    * Laboratorium Jaringan Komputer (Cisco Academy)
    * Laboratorium Perancangan Teknik Industri
    * Laboratorium Tata Letak Pabrik
    * Laboratorium Ergonomi

    Keunggulan Fakultas Teknik UAI

    * Kurikulum yang mampu menjawab tuntutan masyarakat, dirancang bersama oleh UAI dan ITB.
    * Dosen reguler dan dosen tamu yang berdedikasi tinggi.
    * Quality Assurance dan Quality Control oleh ITB, untuk menjamin mutu kegiatan proses belajar mengajar.
    * Fasilitas lengkap dan mutakhir, yang mendukung penguasaan materi, tersedia di UAI dan ITB serta partner kerja sama lainnya.
    * Kemitraan yang luas dengan dunia industri.
    * Kuliah umum serta kunjungan ke industri untuk membuka wawasan mahasiswa.
    * Pembinaan kepemimpinan dan penumbuhan karakter korporasi (Manajemen, Kewirausahaan, dan Mitra Strategis) yang dibina oleh Ir. Palgunadi T. Setyawan Dipl. Ing.

    Kemitraan Khusus Fakultas Teknik UAI

    * ITB, kerja sama dalam bentuk Program Twinning untuk S1, yang memungkinkan mahasiswa terbaik dari FT-UAI melanjutkan perkuliahan 2 tahun terakhir di ITB untuk mendapatkan ijasah S1 ITB.
    * Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam penyediaan tenaga pengajar serta pengembangan penelitian dan tugas akhir.
    * CEP-CCIT Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Politeknik Telkom, kerja sama dalam membuka kesempatan bagi lulusan dua institusi untuk melanjutkan perkuliahan dan meraih gelar S1 di FT-UAI.
    * Depkominfo, kerja sama dalam bidang pengembangan ICT.
    * Indosat yang membuka kesempatan bagi mahasiswa FT-UAI untuk mengikuti pelatihan manajemen (Management Training).

    Kemitraan Lain Fakultas Teknik UAI

    * PT PLN Persero
    * International Islamic Forum for Science, Technologi, and Human Resource Development (IIFTIHAR)
    * Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
    * Kamar Dagang Industri (KADIN)
    * PT. Telkom
    * PT. Gobel Dharma Nusantara
    * PT. Medco Energy

    Prospek Lulusan Fakultas Teknik UAI

    Menjadi technopreneur, tenaga ahli rekayasa, perancangan, peneliti dan pengajar yang profesional.

    Program Studi Biologi – Bioteknologi

    FMIPA Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2006/2007 menerima lulusan SMU/Aliyah/Sederajat bidang IPA untuk dididik menjadi sarjana strata 1 jurusan biologi (Bioteknologi).

    Seperti kita ketahui bahwa perkembangan peradapan manusia selalu berubah dari waktu ke waktu, demikian pula dengan era suatu ekonomi. Di awal peradapan manusia, selama ratusan ribu tahun ekonomi hanya didominasi oleh perburuan hewan liar (hunter economy), sampai kemudian digantikan oleh ekonomi agraris yang berlangsung selama kurang dari 10.000 tahun. Sejak tahun 1760-an muncul ekonomi industri dan berakhir pada tahun 1950-an. Kini kita berada di era ekonomi informasi sampai tahun 2020. Kemudian akan muncul era ekonomi baru yang dikenal sebagai era baru bioteknologi.

    Layaknya sebuah siklus, setiap siklusnya mempunyai empat tahap, yaitu

    * kehamilan,
    * pertumbuhan,
    * pematangan,
    * dan kemunduran

    Saat ini, internet dipandang sebagai puncaknya tahap pematangan ekonomi informasi, fase akhir ini ditandai dengan penggunaan luas chip murah dan teknologi nirkabel yang memungkinkan segala sesuatu terhubung dengan yang lainnya. Dengan demikian satu siklus era ekonomi informasi sebenarnya sudah terlengkapi dan akan memasuki tahap kemunduran, tergantikan oleh era baru bioekonomi.

    Bioekonomi dimulai pada tahun 1953, pada saat Francis Crick dan James Watson mengidentifikasi struktur untai ganda DNA. Proyek Genom Manusia yang diselesaikan pada tahun 2003, menandai akhir masa kehamilan. Bioekonomi kini memasuki tahap pertumbuhan.

    Tahap kedua era bioekonomi ditandai dengan munculnya industri baru, yaitu: bioindustri kesehatan (health care), bioindustri pertanian.
    Program Studi Biologi

    Biologi, yang dewasa ini lebih dikenal sebagai biosains, merupakan salah satu ilmu dasar (basic science) yang mempelajari berbagai aspek kehidupan mahluk hidup. Biosains kemudian menjadi salah satu penunjang pengembangan ilmu-ilmu terapan, seperti: ilmu-ilmu pertanian, kedokteran, dan industri. Di penghujung abad ke-20, biosains telah menjadi landasan berkembangnya suatu cabang baru keilmuan yang kemudian kita kenal sebagai bioteknologi, suatu bidang ilmu yang dipandang akan menentukan wajah peradapan umat manusia di era bioekonomi.

    Program studi Biologi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Al Azhar Indonesia (FMIPA-UAI) ditujukan untuk mempersiapkan SDM uang mempunyai daya saing tinggi dalam meyosong era baru bioekonomi, dengan mencetak sarjana yang menguasai dasar-dasar biosains dan teknik-teknik bioteknologi kesehatan, bioteknologi pertanian, bioteknologi industri dan lingkungan.

    Visi dari Program Studi Biologi FMIPA-UAI adalah menjadi pusat keunggulan (center of excellence) dalam pendidikan, penelitian serta pengembangan biosains dan bioteknologi.

    Di FMIPA-UAI, mahasiswa dibekali biosains, dengan demikian dasar-dasar ilmu biologi untuk tumbuhan dan hewan tetap dipertahankan, untuk kemudian diikuti dengan pembekalan ilmu-ilmu bioteknologi beserta penerapannya di bidang bioteknologi kesehatan, pertanian, serta industri dan lingkungan.
    Karir di Bidang Bioteknologi

    Karir bagi Sarjana Biologi dengan peminatan bioteknologi adalah sebagai tenaga ahli pada berbagai perusahaan yang bergerak pada bioteknologi kesehatan, bioteknologi industri, bioteknologi pertanian, dan bioteknologi lingkungan.

    Seperti misalnya pada industri farmasi, industri bahan-bahan kimia, industri makanan dan minuman, perkebunan, kehutanan, di perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional.

    Bagi yang tertarik untuk menjadi ilmuwan, dapat bekerja sebagai konsultan, tenaga pengajar pada perguruan tinggi atau peneliti pada berbagai lembaga penelitian. Sedang bagi yang mempunyai jiwa kewirausahaan, dapat membangun usaha di bidang bioindustri mulai dari usaha kecil, menengah sampai yang lanjut, karena penerapan bidang ini mendukung kearah tersebut.

    Bagaimana fasilitas pendidikannya?

    Kampus baru berlantai tujuh, yang megah di jantung kota Jakarta, dalam suasana Islami dan asri karena berada di lingkungan komplek Masjid Agung Al Azhar. Dilengkapi dengan perpustakaan dan laboratorium yang memadai.

    Staf Pengajar

    * Prof. Dr. Ir. Zuhal, MSc.E.E
    * Prof. Dr. Ir. Harsono Wiryosumarto
    * Prof. Dr. Harjono Djojodihardjo [personal website]
    * Ir. Palgunadi T. Setyawan, Dipl.Ing
    * Prof. Dr. Ir. Sardy S, M.Eng.Sc
    * Dr. Ir. Ade Jamal
    * Ir. Syarif Hidayat, M.Eng.Sc
    * Dr. Ary Syahriar, DIC
    * Ir. Endang R Nizar, MT
    * Ir. Winangsari Pradani, MT
    * Nida’ul Hasanati, ST, MMSI
    * Dwi Astharini, M.Sc
    * Sofian Hamid, M.Sc
    * Muslimin, ST, MT
    * Ditambah dengan staf senior dari : UI, ITB, BPPT, dll.

    Staf Pengajar

    Program Studi Biologi diasuh oleh para pengajar lulusan dalam dan luar negeri, antara lain:

    * Abdul Salam M. Sofro, Prof.,Dr. M.Sc.
    * Anwar Arief, Prof., M.Sc.Â
    * Agus Masduki, Dr., Ir. M.Eng.
    * Ahmad Poernomo, Dr., Ir., M.Sc.
    * Chaidir, Dr. rer.nat.
    * Chairul, Dr., M.Sc.
    * Dewi Elfidasari, M.Si.
    * Dodo Rusnanda Sastra, Dr. Ir. M.S.
    * Fahruddin, Drs. M.Si.
    * Faisal, Drs. M.Si
    * Hardaning Pranamuda, Dr., M.Sc.
    * Ira Djajanegara, Dr. Ir., M.Sc.
    * Ismunaryo Munandar, M.Phil.
    * Kardono, Dr., Ir., M.Sc.
    * Lutfah S. Nurusman, Dra., M.Si.
    * Linawati Hardjito, Dr., Ir., M.Sc.
    * Mohammad Sadikin, Dr., D.Sc.
    * Nursamran, Dr., M.S.
    * Sri Wahyu Handayani, M.Si.
    * Suheimi Nurusman, Dr. Ir., M.Sc.
    * Vanny Narita, Dr. M.Sc.
    * Witono Basuki, Dr., Ir., M.Sc.
    * Yunus Effendi, Drs. M.Si

    Kontak Person
    Zahriska Dewani 02194702130

  29. ASLKM…teman2 PB SOEDIRMAN 2 BEKASI
    saya diyah dari panitia Gebyar Ekonomi Syariah 4 (GES 4) yang diselenggarakan oleh ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) STEI SEBI
    ingin mengadakan acara GES untuk mensosialisasikan ekonomi syariah
    salah stu rangkaian acaranya Sharia Economic Olimpiade (SEO),, disini saya sbg panitia ingin mengundang PB Soerdirman untuk mengikuti acara tersebut yang diadakan penyeleksiannya tgl 19 april tp ga tau CP n alamatnya
    jika teman2 ingin sekolahnya mengikuti acara ini mohon konfirmasinya terkait CP dan alamat PB SOEDIRMAN ke no 085694285855 agar undangan nya bisa kami kirim segera
    terima kasih
    klo boleh tau PB SOEDIRMAN ada juga ga ya di jakarta???

  30. hhahahahahahahahahaha
    GOROOO SEMUA ITU
    KITA ANGKATAN 5 MERASA DIRUGIKAN OLEH GURU YANG BAGAN……..
    DAN KORU*******,,,,
    MASA TUR KGK JELS MAHAL…
    UNTUNG KITA BANYAK YG GG IKUT..
    MENDING BUAT NYOGOK MASUK PTN….
    TAPI KITA JADI DI AJRIN KORU*****…..
    LUMAYANLAH BUAT NYARI DUIT…

  31. OIA BUA CALON ANAK KELAS 1….
    ATAU YG BRU LULUS SMP , MENDINGAN DUITNYA BUAT NYOGOK DI SEKOLAH NEGERI AJA…
    DARI PADA MASUK PANGSUD….

  32. Anak saya masih klas 2 SD………….saya sudah berkeinginan dari awal sekolah ini dibangun (padahal belum tahu namanya) untuk memasukkan anak saya (jika SMA nanti) ke Sudirman…….tapi biayanya pasti akan sangat mahal sekali….kebetulan saya tinggal di Puri Harapan

  33. hai kakak ! aku siswi pangsud angkatan 8 kelas akselerasi wah seneng baca postingan ini :D salam kenal kakaak :) bangga sekolah disudirman :D

  34. aku seneng banget bisa sekolah di pangsud skrng pangsud udah angkatan ke 10 lohh , kaka kakanya asik asik semua , pkoknya ga nyesel deh masuk pangsud

  35. terakhir kali gw ke pungsud gw di usir ama guru
    tapi gw masih inget banyak kenangan manis yang ga bakal gw lupain selama gw disana
    first comment in 2 years

  36. wah klo pake nick Kevin yg lengkap dong namanya, nanti orang salah kira..klo mau ribut ga suka ma gue to do point aja nih ada alamat fb gua, lo anak pangsud kan?? klo mau propanganda jgn pake nick ga lengkap gitu Zzz 2012 masih ada aja orang kek lu

  37. teringat dengan salah satu perkataan dari seorang guru yang tidak asing dan tenar di sekolah ini. sebut saja Mr.edo… itulah yang biasa kita sapa dengan sebutan’y itu.
    beliau pernah bilang, ketika kita berada di masa” SMA, Kita akan ingin mengulang kembali ke masa” SMP, Ketika kita berada di masa” SMP teringat akan masa” SD. Dan now ketika saya di unj pun masih ingin merasakan masa” SMA ketika di pangsoed dulu.
    poko’y TOP ABIESS deh.
    ciptakan lulusan generasi yang berintelektual.

  38. Katanya uang masuknya mahal dan SPP bulanan juga jutaan, apakah bisa diberikan info krn anak saya pengen sekolah disana yg di galaxy bekasi

  39. Memang pengalaman paling berkesan di pangsoed2 itu pada saat musim hujan. Jalanan menuju sekolah + lapangan banjir, kelas dingin, jaketan, nyeker/sendalan, sekolahnya jadi berasa lebih ke main + kumpul bareng temen-temen. Itu asik! Hahaha
    Tapi terakhir dengar kabar dari temen-temen, guru-gurunya sudah banyak yang diganti. Saya salah satu alumni angkatan 5, jadi sekarang banyak guru baru yang sama sekali tidak saya tahu. Sedangkan banyak guru-guru favorit waktu jaman saya sudah mengundurkan diri.
    Tapi hidup terus buat SMAI PB Soedirman 2 Bekasi!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s